Be D'Teacher of D'World
Belajar di Masa Muda bagaikan Mengukir Kata pada Batu yang Keras....
***
Belajar di Masa Tua bagaikan Menulis di atas Air...

Jumat, 20 April 2012

Kisah Nabi SHOLIH AS “Petra Jordania”

kaum Tsamud1Assalamu’alaikum…..

Jama’ah yang diridhoi Allah SWT….

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu yang saya punya, yaitu Jazirah Nabi Hud As “Kota Iram Dzatul Imad – Yaman”. Yang diharapkan bisa diambil manfaatnya sehingga kita bisa lebih mantap berada di dalam hidayah Allah ini. Amiin…

Langsung saja mari kita simak uraian di bawah ini :

Nabi Sholih AS. memiliki nama lengkap, yaitu  Sholih bin Ubaid bin Masih bin Hadir bin Tsamud bin Atsir bin Iram bin Nuh AS.

Allah SWT mengutus Nabi Sholih AS. kepada Kaum Tsamud.

Al-Hijr (Mada’in Sholih) adalah tempat tinggal Kaum Tsamud yang terletak diantara Hijaz dan Syam (Syria), yaitu sebelah selatan belahan timur Tanah Madyan yang terletak di sebelah timur Teluk Al-Aqobah. Tempat tinggal mereka terlihat sangat nyata yang dipahat di batu-batu besar.

kaum Tsamud

kaum sholeh

kaum Tsamud2

Selanjutnya mari kita simak QS. Al-A’rof ayat 73 di bawah ini :

baru1

Artinya :

73. Dan (kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka shaleh. ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhammu. unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, Maka biarkanlah Dia Makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih."

Dan QS. Hud ayat 66 – 68 di bawah ini :

baru

Artinya :

66. Maka tatkala datang azab Kami, Kami selamatkan Shaleh beserta orang-orang yang beriman bersama Dia dengan rahmat dari Kami dan dari kehinaan di hari itu. Sesungguhnya Tuhanmu Dia-lah yang Maha kuat lagi Maha Perkasa.

67. Dan satu suara keras yang mengguntur menimpa orang-orang yang zalim itu, lalu mereka mati bergelimpangan di rumahnya,

68. Seolah-olah mereka belum pernah berdiam[728] di tempat itu. Ingatlah, Sesungguhnya kaum Tsamud mengingkari Tuhan mereka. Ingatlah, kebinasaanlah bagi kaum Tsamud.

Keterangan : [728] Demikian cepatnya mereka dihancurkan oleh guntur itu, sehingga mereka hancur lebur oleh guntur itu, tanpa bekas, seakan-akan mereka tidak pernah ada.

 

Berdasarkan Ayat-Ayat di atas kita tahu bahwa Allah SWT mengutus Nabi Sholih AS kepada Kaum Tsamud yang mana mereka telah menyembah berhala, untuk memberi nasihat sekaligus memberi peringatan. Selain itu, Mukjizat Nabi Sholih AS. adalah dengan adanya Allah menurunkan seekor Unta Betina yang keluar dari batu. Sebelumnya Nabi Sholih AS. sudah memperingatkan Kaumnya untuk tidak menggangu, memukul, bahkan membunuh Unta Betina tersebut, tapi mereka justru membunuhnya karena takut Unta tersebut akan menghabiskan air dari sumur Kaum Tsamud, sehingga atas perbuatan mereka, Allah SWT menyiksa dengan membinasakan mereka melalui gempa atau guntur, sedangkan Nabi Sholih AS dan orang-orang yang beriman diselamatkan oleh Allah.

Setelah kebinasaan Kaumnya, Nabi Sholih AS dan orang-orang iman itu pergi ke Ramalah, Palestina. Penduduk Hadralmaut mengatakan bahwa mereka pergi ke Hadralmaut dan tinggal di sana sebab asal mereka dari arah tersebut (Penduduk Al-A’qof). Selain itu disana terdapat satu makam yang diyakini sebagai makam Nabi Sholih AS. Sementara yang lain mengatakan bahwa mereka menetap di tempat tinggal mereka setelah kebinasaan Kaum Tsamud. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa mereka pergi ke Makkah dan menetap disana sampai meninggal dunia dan makam mereka terletak di sebelah Ka’bah.

Menurut sejarah, tempat penting yang ada di Petra bagi Kerajaan Adumiyah (800 – 600 SM) adalah Ummul Bayyaroh, yang mana pada tahun 600 SM orang-orang Nabati dari Jazirah Arab pindah ke Petra dan merebut Petra dari orang –orang Adumiyah, selanjutnya menjadikan Ummul Bayyaroh sebagai tempat tinggal dan akhirnya Petra menjadi Pusat Perdagangan, juga Ibukota Nabatiah pada masa Hilalian City dan Bangsa Romawi (abad ke IV SM 106 Masehi).

 

Demikian sedikit informasi dari saya….

Mudah-mudahan bisa memberi manfaat dan barokah untuk kita semua….

Amiin…

Wassalamu’alaikum…

My-Signature_thumb1_thumb

Artikel yang berkaitan



2 komentar:

  1. good job kawan....lanjutkan.....:)

    BalasHapus
  2. oh nabi Sholih dakwahnya kepada kaum shamud ya,,bru tau ane
    thanks bgt ya sob,,,

    BalasHapus