Be D'Teacher of D'World
Belajar di Masa Muda bagaikan Mengukir Kata pada Batu yang Keras....
***
Belajar di Masa Tua bagaikan Menulis di atas Air...

Senin, 06 Februari 2012

Kisah NABI ADAM AS “Jabal Rohmah (Arofah)–Makkah”

jabal rohmah4Assalamu’alaikum…..
Jama’ah yang diridhoi Allah….
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan membagikan sedikit ilmu saya tentang Jazirah Nabi Adam AS.
Mari kita simak uraian di bawah ini :
Jabal Rohmah merupakan bukit kecil terdiri dari batu-batu besar yang keras, yang terdapat di timur Arofah tepatnya 1,5 Km dari Masjid Namiroh. Jumlah anak tangga untuk naik ke puncaknya adalah 168 anak tangga. Di bagian atasnya terdapat tugu persegi empat dengan tinggi 8 m dan lebar 1,80 m di setiap sisinya .
jabal rohmah2Allah berfirman dalam Surat Al-Baqoroh ayat 35 – 38 :
anyar
Artinya :
Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim.
Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: "Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan."
Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, Maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
Kami berfirman: "Turunlah kamu semuanya dari surga itu! kemudian jika datang petunjuk-Ku kepadamu, Maka barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati". <QS :Al-Baqoroh ; 35 – 38>
jabal rohmahDi dalam Khadits Ath-Thobroni juga diriwayatkan :
Dari Abdulloh bin Umar disebutkan, “Ketika Allah menurunkan Adam, Allah menurunkannya di Bumi Hindi ( Hindia), kemudian Adam datang ke Makkah, kemudian keluar dari Makkah menuju Syam dan mati disana.” <HR : Ath-Thobroni>
jabal rohmah1Dalam Riwayat lain juga disebutkan :
Dari Ibnu Abbas, disebutkan, “Adma diturunkan di India sedangkan Hawa di Jeddah”.
Kemudian Adam mencari Hawa sehingga dia mendatangi Jam’an (Muzdalifah) lalu disusul (Izdalafat) oleh Hawa, oleh sebab itu tempat tersebut disebut ‘Muzdalifah’.
Sementara makam Adam ada yang mengatakan terletak di Gunung Abu Qubais, ada juga yang mengatakan di Gunung Baudza (India), yaitu tanah dimana dia diturunkan pertama kali di bumi.
jabal rohmah3
Demikian sedikit informasi dari saya….
Mudah-mudahan bisa memberi manfaat dan barokah untuk kita semua….
Amiin…
Wassalamu’alaikum…
My Signature

Artikel yang berkaitan



2 komentar:

  1. thanks untuk entry ni....
    good info.
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. You are welcome...
      I hope many suggestions and critics from you, bcause I'm a newbie.... Thanks.....

      Hapus