Be D'Teacher of D'World
Belajar di Masa Muda bagaikan Mengukir Kata pada Batu yang Keras....
***
Belajar di Masa Tua bagaikan Menulis di atas Air...

Kamis, 08 Maret 2012

Materi Tajwid Bab 12-Hukum Bacaan “Waqof”

Assalamu’alaikum….

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting sedikit cuplikan dari Materi Tajwid Bab 12-Hukum Bacaan “Waqof” (untuk Materi Lengkapnya silahkan download DISINI !!)

Langsung saja mari kita simak uraian dibawah ini :

 

WAQOF adalah Tata cara membunyikan kalimat ketika berhenti.

Cara membunyikan kata-kata (kalimat) yang diberhentikan (diwaqofkan) itu ada 6, yakni :

1. Apabila akhir kata-kata (kalimat) berupa huruf ber Kharokat Sukun, maka ketika berhenti (Waqof) dibaca dengan tidak ada perubahan.

2. Apabila akhir kata-kata (kalimat) berupa huruf ber Kharokat Fatkhah, Kasroh, atau Dhommah, maka ketika berhenti (Waqof) dibaca dengan mematikan (menyukunkan) huruf yang terakhir itu.

3. Apabila akhir kata-kata (kalimat) berupa huruf Ta’ Marbuthoh [ ' ], maka ketika berhenti (Waqof) dibaca dengan membunyikan menjadi Ha’ yang mati (di sukun.

4. Apabila akhir kata-kata (kalimat) berupa huruf yang didahului dengan huruf mati, maka ketika berhenti (Waqof) dibaca dengan mematikan dua huruf dengan suara pendek, atau dibunyikan sepenuhnya tetapi huruf yang terakhir dibaca setengah suara.

5. Apabila akhir kata-kata (kalimat) berupa huruf yang didahului dengan Mad Layin , maka ketika berhenti (Waqof) dibaca dengan mematikan huruf yang terakhir itu dengan memanjangkan Mad nya 2 Kharokat atau 4 Kharokat atau 6 Kharokat, yaitu : Menjadi Mad Aridhl Lissukun.

6. Apabila akhir kata-kata (kalimat) berupa huruf yang ber Kharokat Fatkhatain (tanwin), maka ketika berhenti (Waqof) dibaca dengan menyembunyikan menjadi Fatkhah yang dipanjangkan 2 Kharokat dan menjadi Mad Iwadhl

 

Untuk Materi Selengkapnya, Silahkan Download DISINI !!!

SEMOGA BERMANFAAT.......

Wassalamu’alaikum…

clip_image002

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar