Be D'Teacher of D'World
Belajar di Masa Muda bagaikan Mengukir Kata pada Batu yang Keras....
***
Belajar di Masa Tua bagaikan Menulis di atas Air...

Jumat, 16 Desember 2011

Sukses Dunia Tanpa Menggunakan Uang ?? Bisakah???

kekayaanterbesarAssalamu’alaikum….

Saudara Jama’ah sekalian… Kalau kemarin saya telah memberikan “Resep Keberhasilan Mencari Ilmu” dan “Tips Agar Berhasil Mencari Ilmu” , pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit tips agar kita bisa “Sukses di Dunia Tanpa Menggunakan Uang”. Bisakah ??? Di dunia ini apa sih yang gak bisa??? Mari kita simak artikel di bawah ini….!!!

(Materi ini saya dapatkan dari Ustadz H. Abdul Shomad, ketika pengajian rutin)

“Bisakah orang sukses ekonominya, tanpa menggunakan uang??”

Jika pertanyaan ini dilontarkan pada beliau (Ustadz H. Abdul Shomad), maka beliau akan menjawab dengan tegas, “Bisa !!! Karena sejatine (=sesungguhnya) ada 4 modal yang diberikan oleh Allah SWT kepada makhluknya………”

Apa sajakah itu ?????

Saya hanya meneruskan jawaban beliau, jadi 4 modal yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita adalah :

1. Budi Pekerti

Budi pekerti termasuk modal pertama yang lahiriyah, jadi sangat mudah untuk ditampakkan/diperlihatkan. Dalam konteks ini, jelasnya kita membicarakan Budi Pekerti yang baik/perbuatan yang terpuji. Karena ini hal yang paling nampak dan juga berhubungan dengan kemasyarakatan, maka ini perlu diperhatikan. Pada intinya, kita harus bisa mengambil hati orang lain (menyenangkan hatinya) dan jangan sampai menyakiti hati mereka. Selain itu kita juga harus bisa membuat orang lain menilai kita sebagai insan yang baik, yang patut untuk dihargai & dihormati. Ini merupakan langkah awal kita untuk bisa sukses.

Misal, sopan, ramah, grapyak(=sering menyapa orang ketika bertemu), suka menolong dll.

2. Kerja Keras

Setelah kita memiliki budi pekerti yang baik, sehingga banyak orang yang suka dengan kita, maka ini akan mempermudah langkah kedua kita, yaitu Kerja Keras. Kerja keras memang merupakan kunci dari kesuksesan, maka seseorang tidak akan pernah bisa sukses kalau dia tidak mau berusaha dengan keras (kerja keras). Kita harus mau banting tulang, mandi keringat, untuk waktu sebentar, demi mewujudkan kesuksesan untuk waktu yang lama (sesuai kehendak Allah).

Ingat juga dalil yang berisi : “Allah SWT tidak akan merubah qodar seseorang, kecuali dia mau berusaha untuk merubahnya.”

3. Jujur/Amanah

Jujur berhubungan dengan hati, maka ini adalah hal yang abstrak, sehingga kita sulit untuk merealisasikannya. Dengan kejujuran kita bisa mendapatkan penilaian yang baik di mata orang lain, karena ini juga termasuk perbuatan yang terpuji. Jangan sampai kita berusaha/kerja keras, tapi dengan diselingi kecurangan. Memang pada saat itu kita senang(karena telah mendapatkan apa yang kita inginkan saat itu), tapi bagaimana kedepannya nanti, Apakah kita masih bisa memiliki kesenangan itu?? Padahal keburukan kita telah diketahui oleh semua orang!! (kalau jawaban saya, “Tak mungkin....Ohh...Tak mungkin!!!!”

Ingat, disini kita tidak membicarakan tentang “Jujur Kacang Ijo” !!!! hahahahah...... Rolling on the floor laughing (biar nggak terlalu tegang yaa...... Winking smile)

4. Kecerdasan

Kita tahu memang kecerdasan yang dimiliki orang yang satu dan orang yang lain itu berbeda-beda. Ada yang cerdas bahkan melebihi batas kecerdasan, ada pula yang kurang cerdas bahkan tidak cerdas. Namun saya yakin, seberapun tingkat kecerdasan kita, kalau kita mau memanfaatkan dengan sebaik mungkin, maka insyaallah kita bisa mewujudkan apa yang kita impikan.

Ingat.. Semua kembali pada niat kita..!!! Dan jangan lupa untuk selalu berdo’a kepada Allah SWT, karena hanya Dia-lah yang menentukan semuanya. Baca “Tips Berdo’a Mustajabah”

Sekian dulu tips dari saya..

Mudah-mudahan artikel ini bisa memberi manfaat dan barokah bagi kita semua….

Amiin….

Wassalamu’alaikum…..

My Signature_thumb[2]

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar